Rabu, 02 Mei 2012


PERKEMBANG KEYBOARD




·        Sejarah Dan Perkembangan Keyboard
Komputer terdiri atas beberapa faktor pendukung komponen misalnya pada hardware , software dan juga perangkat lainnya.Disini akan dibahas beberapa sejarah mengenai hardware yang salah satunya adalah keyboard Keyboard merupakan alat input standar yang sangat esensial pada sebuah PC. Keyboard atau papan ketik pertama kali ditemukan pada tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Christopher Latham Sholes pada 1868. Keyboard yang dikenal sekarang ini memiliki nama resmi Qwerty yang di ambil dari enam huruf pertama pada "home row". Home row sendiri merupakan istilah untuk deretan alfabet kedua (posisinya di tengah) keyboard. Dideretan inilah seharusnya user atau juru ketik menempatkan jari-jarinya jika sedang tidak mengetik.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard.
Apa yang kita ketikkan, hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Tombol-tombol alfabet pada keyboard ditempatkan secara acak untuk memperlambat pengetikan. Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat.
Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming).
Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya.Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940. Berikutnya muncul temuan Dvorak yang melakukan penelitian untuk menciptakan susunan huruf pada keyboard yang lebih efisien. Hasil susunan keyboard Dvorak sangat berbeda dengan QWERTY. Tujuan dari Dvorak adalah menemukan susunan tombol keyboard yang membuat jari tidak terlalu jauh berlompatan. Tombol yang paling sering digunakan berada pada basis jari, sehingga kecepatan mengetik akan didapat lebih baik lagi dibandingkan menggunakan QWERTY. Hasilnya, Dvorak dapat mengalahkan QWERTY. Namun karena QWERTY sudah terlanjur populer, berbagai kalangan masih lebih senang menggunakan keyboard dengan susunan QWERTY daripada yang diciptakan Dvorak.
Secara penelitian, QWERTY sebenarnya punya banyak kelemahan seperti membuat tangan kiri overload terutama ketika menulis dalam bahasa Inggris. QWERTY juga membuat kelingking Anda overload. Penelitian menunjukkan bahwa distribusi huruf tidak merata sehingga jari Anda harus menyeberang dari baris ke baris. Bila dihitung jari tukang ketik tipikal akan berjalan lebih dari 20 mil per hari dibandingkan dengan DSK yang hanya 1 mil.susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien.
Berikut perbandingan menggunakan keyboard tipe QWERTY dan tipe DVORAK dalam hal mengetik



Selain tipe QWERTY dan DVORAK, keyboard memiliki tipe lain seperti AZERTY dan QWERTZ

Gambar QWERTY

DVORAK


AZERTY



QWERTZ
Dan setelah teknologi mesin ketik berkembang ke mesin ketik elektrik sampai ke komputer, urutan alfabet yang acak tersebut tetap digunakan. Untuk komputer, keyboard pertama kali digunakan pada tahun 1964. Sebuah perangkat yangdibuat oleh MIT, Bell Laboratories, dan General Electric yang disebut Mulitics berhasil menggabungkan video display terminal (monitor CRT saat ini-Red) dengan mesin ketik elektrik. Layout Qwerty temuan Christopher Latham Sholes tetap digunakan, meski pada keyboard saat ini, sejumlah function keys sudah diimplementasikan.
Jumlah to6550-mbol yang umum dijual di pasaran untuk PC berjumlah sekitar 101 keys. Sedangkan pada notebook berjumlah kurang lebih 80 keys. Tentu saja jumlah tombol keyboard yang pasti tergatung dari produsennya. Setiap pabrik merancang keyboard dengan berbagai fitur. Selain berisi alfabet dan numerik , keyboard juga berisi simbol dan tombol khusus untuk komputer seperti Escape, Enter, Delete, dan sejenisnya.  Selain itu, ada sekumpulan tombol dengan fungsi khusus yang diberi label F1, F2, hingga F12 atau disebut Fn. Pada awal mulanya tombol Fn ini hanya berjumlah 10. Hal tersebut tampak pada keyboard IBM PC yang banyak  digunakan pada awal tahun 90-an. Fungsi dari tombol-tombol itu sendiri tergantung dari program aplikasi yang digunakan. Namun memang biasanya, tombol F1 digunakan untuk Help atau bantuan, F2 untuk menyimpan, dan seterusnya.
Keyboard IBM PC
Pada perkembangan berikutnya, keyboard diciptakan oleh berbagai vendor yang memiliki keunggulan masing-masing. Tak heran bila kemudian jumlah tombol keyboard dan bentuknya menjadi bermacam-macam pula. Ada keyboard yang digunakan untuk internet, sehingga sekali tekan tombol email bisa langsung membuka email. Ada pula keyboard multimedia yang berisi tombol tambahan untuk menjalankan media player dan seterusnya.
Beberapa keyboard juga bisa dilipat dan diatur posisinya. Hal ini untuk menciptakan kenyamanan bagi penggunanya. Setiap desain keyboard harus mempertimbangkan ilmu ergonomik yang mempelajari bagaimana sebuah alat dibuat untuk bisa digunakan secara aman dan nyaman.
Keyboard Kinesis_Evolution - Track Mount
Keyboard Karet, bisa digulung
Keyboard Multimedia produksi Wave
Keyboard bisa dilipat
Keyboard dengan backlight (lampu) saat mengetik di tempat gelap
Optimus-Organic-LED-Keyboard
Virtual Bluetooth Keyboard - Keyboard dari proyeksi sinar laser

·         Struktur Tombol Pada Keyboard

Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.

Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:

1. Tombol Ketik (typing keys)

Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe
QWERTY
DVORAK.

Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.

2. Numeric Keypad

Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.

3. Tombol Fungsi (Function Keys)

Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.

4. Tombol kontrol (Control keys)

Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).
Bagian - Bagian Keyboard

Tombol ALT akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.

Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRLC akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V

Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan

Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.

Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.

Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.

Menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.

Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.

Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.

Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.

Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.


Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada


Keyboard fleksibel


 

Keyboard fleksibel tanpa kabel produksi TechieTrends yg dapat digulung dan mudah dibawa kemana pun akan berpergian. 


Keyboard Touchpad dan Laser Ponit 

 

Keyboard Bluetooth yang satu ini bisa dijadikan sebuah Keyboard HTPC maupun keyboard untuk ponsel anda karena ukurannya cukup kecil untuk dibawa kemanapun. 

Mini Bluetooth Keyboard with Touchpad and Laser Pointer adalah sebuah keyboard dengan koneksi Bluetooth yang juga punya sebuah touchpad dan sekaligus laser pointer yang berguna pada saat melakukan presentasi. 

 

Sebagai keyboard kecil yang lengkap seperti ini terutama dengan adanya Function Keys (Fn) dan tombol panah untuk Page UP/DOWN serta Left/ Right. 

Keyboard ini kompatibel dengan berbagai macam OS baik di komputer maupun ponsel mulai dari Symbian, Android, Windows Mobile, Linux, Mac dan Windows bahkan sekaligus untuk Sony Playstation 3. 

Keyboard HTPC lengkap ini dijual dengan harga US$ 45.22 (sekitar hampir Rp. 450.000). 


Keyboard dengan Touchpad di bagian Bawah 

 

Thumb Keyboard adalah keyboard eksternal yang bisa anda gunakan sebagai HTPC Keyboard atau keyboard di ponsel/ tablet karena keyboard ini menggunakan koneksi Bluetooth. 

Tetapi bukan itu kelebihan yang dimiliki oleh Thumb Keyboard melainkan adanya touchpad di bagian belakang sehingga sebenarnya keyboard yang satu ini ada 2 sisi. 

 

Sisi pertama adalah keyboard QWERTY yang terlihat sangat nyaman dengan bentuknya yangn ergonomik dan sisi di bagian bawah merupakan touchpad yang bisa kita gunakan di saat bersamaan menggunakan keyboard QWERTYnya. 

Anda bisa menggunakan jari anda yang lain (selain jempol) untuk mengontrol touchpad yang ada sehingga dengan cara ini akan membuat kita bisa mengontrol komputer/ ponsel lebih nyaman tanpa harus berpindah posisi jari. 

Di keyboard ini juga ada backlit sehingga kita tetap bisa mengetik di kondisi ruang kurang cahaya (gelap). 

Thumb Keyboard dijual dengan harga £ 79.99 (sekitar Rp. 1.200.000). 


Keyboard Touchpad dan Blug-in 

 

Karena lebih sering menggunakan notebook (dengan TouchPad) maka mungkin akan sedikit malas menggunakan mouse biasa? 

Jangan takut, saat ini sudah ada keyboard untuk komputer desktop yang sudah termasuk TouchPad di dalamnya. 

Keyboard dengan TouchPad keluaran dari Sanwa ini sudah bisa beli di pusat elektronik terkenal di Jepang, Akihabara. 


Keyboard Touchpad Anti Air 

 

Sedang mencari keyboard yang benar-benar anti air karena sering menumpahkan kopi ke keyboard 

wetkeys.com adalah perusahaan yang fokus pada penjualan keyboard anti air dan salah satunya Hygienic Backlit Keyboard with Touchpad – EKB-97-TP. 

 

Memang banyak keyboard anti air tetapi belom pernah ada keyboard dengan touchpad anti air? Walaupun ada, pasti tidak mempunyai standar yang tinggi seperti keyboard yang satu ini. 

Keyboard ini mempunyai standar IP67 yang berarti keyboard ini anti debu dan tidak masalah bila ditenggelamkan sampai kedalaman 1 m. 

Selain kuat, keyboard ini juga terlihat cantik di malam hari karena dilengkapi dengan lampu backlit dengan warna biru. 

Keyboard EKB-97-TP ini dijual dengan harga US$ 160 (sekitar Rp. 1,6 jutaan). 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar